• GK-Plug and Play

Perlukah Berjemur di Bawah Sinar Matahari?

My Health Diary | 15 Mei 2020

Sinar matahari sangat penting bagi kesehatan dan kesegaran tubuh manusia. Beberapa orang mengungkapkan jika terpapar sinar matahari dapat merusak kulit mereka, tapi apakah anda tahu bahwa paparan sinar matahari pada waktu tertentu dan dilakukan secara konsisten sangat bermanfaat bagi tubuh? Sinar matahari tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga dapat meningkatkan mood kita.

Mari kita ketahui apa saja manfaat dari berjemur! Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh menghasilkan vitamin D secara natural. Vitamin ini sangat penting tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin tersebut. Tidak mudah untuk mendapatkan vitamin D hanya dari makanan saja. Vitamin tersebut tersedia di beberapa ikan dan kuning telur, tapi sebagian besar dikonsumsi melalui produk yang diperkaya seperti susu. Ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Lebih sedikit gejala depresi Hal ini dapat dilaporkan setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan pikiran yang lebih tenang. Bahkan tanpa depresipun, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari kemungkinan akan meningkatkan suasana hati.

2. Cara natural untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit Sinar matahari membantu mengatur produksi melatonin dalam tubuh, yang diperlukan untuk mempertahankan ritme sirkadian tubuh. Hormon melatonin mengatur siklus bangun dan tidur manusia. Produksi melatonin dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari. Hal ini akan meningkat pada malam hari dan berkurang di siang hari.

3. Meningkatkan fungsi otak Sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak. Sel saraf ini yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur , dan menyimpan memori.

4. Paparan sinar matahari mengurangi gejala Alzheimer. Penelitian klinik telah menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari mulai dari jam 6 pagi sampai 6 sore diikuti dengan kegelapan pada malam hari memiliki skor yang lebih baik pada ujian mental dan meningkatkan beberapa aspek penyakit, seperti mengurangi alzheimer agitasi, peningkatan efisiensi tidur, mengurangi energi di malam hari, serta meningkatkan aktivitas di malam hari bagi pasien.

5. Dapat meningkatkan kualitas tidur manusia

Ketika sinar matahari mengenai mata kita, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormone yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup sebelum matahari terbenam kembali. Karena itu tubuh anda akan mulai mengantuk saat matahari terbenam.

Kapan dan seberapa lama waktu yand tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari? Beberapa ahli kulit percaya bahwa, selama anda tidak mengalami komplikasi dengan paparan sinar matahari yang biasa, anda dapat berjemur dengan mengaplikasikan tabir surya hingga 20 menit setiap hari. Untuk mengurangi risiko terbakar sinar matahari, sebaiknya berjemur sebelum pukul 10:00 selama 5 sampai 10 menit. Hindari berjemur pada pukul 10:00 - 14:00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit.


Hal ini bervariasi berdasarkan seberapa dekat dengan garis khatulistiwa, respon kulit anda terhadap matahari dan kualitas udara. Kualitas udara yang buruk dapat menghalangi sebagian sinar UV. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika kita terpapar sinar matahari secara berlebihan, pada saat bersamaan juga dapat merusak kulit kita secara perlahan.

Metode yang harus dilakukan ketika berjemur di bawah sinar matahari. Hal pertama yang harus anda ingat adalah jangan berjemur ketika cahaya matahari sangat terik. Begitu anda mulai berkeringat, anda sebaiknya berhenti dan menjauh dari sinar matahari.

Untuk berjemur di bawah sinar matahari, pertama tutup kepala anda dengan handuk basah. Anda harus mengenakan pakaian dalam atau mengenakan pakaian katun ringan agar kulit anda menyerap sinar matahari dengan cara yang lebih baik. Berbaring atau duduk di bawah sinar matahari dan bersantai sejenak. Setelah anda mulai berkeringat, menjauh dari sinar matahari dan mandi dengan air hangat.

My Health Diary merupakan startup binaan GK-Plug and Play pada Batch 6. Ingin mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu startup binaan kami seperti My Health Diary? Daftarkan segera startup kamu di Batch 7 yang dapat diakses melalui link ini.

-

  • Innovation

-

  • Startup Accelerator

-

  • Venture Capital

gkpnp-events.com

GK-Plug and Play Indoensia

Join Our Newsletter!

new logo white.png
  • Facebook
  • LinkedIn Social Icon
  • YouTube
  • clip-art-image-logo-computer-icons-vecto