• GK-Plug and Play

Pantau Banjir Jakarta Melalui GEO MAPID

Mapid | 3 Januari 2020

Banjir di Jakarta merupakan masalah yang pelik. Hampir setiap tahun banjir tidak pernah absen hadir di ibu kota Indonesia ini. Sebagai pusat perekonomian negara, kejadian ini tentu saja membuat banyak orang mengalami kerugian dari materil maupun non materiil.


Untuk membantu masyarakat, MAPID perusahaan startup dari Bandung telah mengumpulkan data peta banjir yang bisa diakses gratis oleh seluruh masyarakat. Data peta banjir terpadu ini didapatkan dari berbagai sumber data pemerintahan dan laporan masyarakat sehingga data yang dihasilkan cukup lengkap. Data yang ditampilkan oleh dasbor MAPID adalah data informasi seputar banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Informasi yang ditampilkan mencakup area genangan banjir yang dilengkapi dengan ketinggiannya. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mengetahui titik yang dijadikan lokasi pengungsian terdekat dari tempat tinggal mereka. Sebagai informasi pendukung, MAPID juga menampilkan informasi mengenai aliran sungai yang melintasi kota Jakarta beserta dengan status pintu airnya. Tampilan data disajikan dengan tampilan tiga dimensi yang mudah dipahami oleh masyarakat.


“Kami membuat data banjir yang interaktif agar masyarakat lebih mudah dalam memahaminya. Jadi kalau mau beli rumah, buka usaha, bisa lihat MAPID dulu, biar bisa lihat apakah daerah tempat saya berbisnis atau daerah rumah yang mau saya beli ini potensi banjir atau tidak”, tutur CEO MAPID, Bagus Imam Darmawan.


Hanya dengan mengakses tautan www.geo.mapid.io/banjirjakarta masyarakat dapat melihat data banjir dari hari ke harinya. Sehingga, diharapkan masyarakat kedepannya bisa mengantisipasi kerugian dengan sadar akan potensi banjir di wilayahnya masing-masing.


Kedepannya MAPID berharap bisa menjadi sebuah layanan dasbor pemetaan dan IOT terpadu yang bisa dipakai banyak orang di Indonesia. Sehingga, masyarakat bisa melakukan analisis apapun dengan data yang tersedia di MAPID dengan baik. Mari kita dukung hasil karya anak bangsa.

Mapid merupakan startup binaan GK-Plug and Play pada Batch 5. Ingin mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu startup binaan kami seperti Mapid? Daftarkan segera startup kamu di Batch 7 yang dapat diakses melalui link ini.

24 views

OTHERS

new logo.png