• GK-Plug and Play

Jam Biologis Tubuh Mulai Berantakan Saat #dirumahaja? Berikut Jam Kerjanya!

My Health Diary | 2 Juni 2020

Jam biologis tubuh setiap orang bekerja secara konsisten, misalnya setiap hari kita melakukan rutinitas pergi dan pulang kerja, mengerjakan kegiatan di rumah, dan belajar di sekolah. Aktivitas ini dilakukan secara berulang setiap harinya. Apabila rutinitas ini berubah sedikit saja, maka akan mengganggu rencana aktivitas lainnya. Misalnya, terlambat berangkat ke kantor menyebabkan jadwal yang sudah diatur menjadi mundur atau jangan-jangan suasana hati menjadi tidak karuan seharian.


Selama masa pandemi, banyak perkantoran memberlakukan sistem bekerja dari rumah atau work from home. Hal ini sangat mempengaruhi rutinitas yang biasanya dilakukan setiap hari, misalnya yang biasanya berangkat ke kantor membutuhkan waktu sekitar 30 menit, sekarang justru tidak harus tergesa-gesa untuk berangkat ke kantor. Biasanya di siang hari produktif mengerjakan tugas, sekarang justru punya banyak waktu untuk istirahat dengan prinsip “yang penting kerjaan beres”. Alhasil jadwal istirahat pun menjadi tidak teratur selama work from home.


Jam Biologis Tubuh

Jam biologis tubuh merupakan proses internal yang mengatur fungsional tubuh selama 24 jam (siklus pagi-malam) seperti siklus tidur, produksi hormon, sistem metabolisme, tekanan darah, dan suhu tubuh. Setiap organ tubuh memiliki jadwal-jadwal tertentu saat bekerja lebih maksimal atau beristirahat. Memahami jadwal dan ritme tubuh akan membantu meningkatkan kinerja sehari-hari.


Jadwal Siklus Harian Tubuh Manusia

Jadi, seperti apa jadwal siklus harian tubuh manusia pada umumnya? Berikut polanya!


00.00 - 02.59 (sleep deep)

Hormon melatonin akan diproduksi semakin banyak sehingga menyebabkan rasa sangat lelah dan mengantuk. Hormon melatonin adalah hormon yang menyebabkan rasa kantuk. Otak juga akan membersihkan racun dan sisa zat yang tertimbun saat beraktivitas seharian penuh. Seluruh informasi yang diperoleh hari itu juga akan disimpan di memori jangka pendek dan jangka panjang di otak. Pada jam ini, usus menjalani proses pembersihan atau detoksifikasi sehingga tidak disarankan untuk makan dan minum pada jam ini. Kulit dan rambut akan melakukan regenerasi sel dan menyediakan nutrisi.


03.00 - 05.59 (low consciousness)

Pada jam ini hormon melatonin terus diproduksi dan semakin berkurang menjelang pagi. Suhu tubuh juga berada pada titik terendah. Hal ini terjadi karena energi dialihkan dari awalnya untuk menghangatkan tubuh ke fungsi penting lainnya seperti memperbaiki kulit atau melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.


06.00 - 08.59 (i’m ready!)

Tekanan darah meningkat untuk menghangatkan tubuh kembali. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung tidak disarankan untuk berolahraga pada jam ini. Puncak kesuburan hormon reproduksi wanita dan pria meningkat pada jam ini. Sekresi hormon melatonin pun mulai berhenti. Tubuh siap melakukan aktivitas!


09.00 - 11.59 (time to be productive!)

Hormon stres atau disebut dengan hormon kortisol mulai meningkat. Hormon ini berfungsi untuk menimbulkan rasa waspada diri. Jam ini merupakan saat yang tepat untuk melakukan kegiatan produktif, seperti belajar dan bekerja. Memori jangka pendek bekerja lebih baik di jam ini.


12.00 - 14.59 (Let’s take a nap!)

Sebagian orang banyak merasakan kantuk di jam ini. Hal ini dikarenakan energi pada tubuh disibukkan oleh sistem pencernaan tubuh yang sedang aktif mengolah makanan yang dikonsumsi saat makan siang sehingga tingkat kesadaran tubuh menurun. Pada jam ini tidak disarankan untuk melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi, seperti mengangkat alat berat dan mengemudi.


15.00 - 17.59 (let’s exercise!)

Hormon adrenalin dan suhu tubuh akan meningkat di sore hari. Paru-paru dan jantung bekerja lebih maksimal dan kondisi otot tubuh lebih kuat di sore hari. Hormon serotonin atau yang dikenal dengan hormon bahagia meningkat, hormon ini membuat tubuh lebih bersemangat. Yuk beberes dari pekerjaan, ini waktu yang tepat untuk berolahraga!


18.00 - 20.59 (time to relax)

Pada jam ini, tubuh mulai rileks. Waktunya makan malam. Namun, makan malam tidak dianjurkan sebanyak makan pada siang hari. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan tidak bekerja sebaik pada siang hari. Makan malam yang baik adalah 3 jam sebelum waktu tidur. Pada jam ini, hati sedang berfungsi secara maksimal untuk memproduksi protein yang diperlukan tubuh serta membersihkan darah dari berbagai zat beracun. Jam ini juga bisa dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga atau sekedar ngobrol santai dengan teman.


21.00 - 23.59 (Hit the Hay! Prepare yourself for a better tomorrow)

Pada jam ini, hormon melatonin mulai diproduksi. Apabila terbiasa bangun pagi, otak akan memproduksi hormon melatonin lebih cepat, yaitu sekitar pukul 9 malam. Namun apabila sering begadang dan bangun lebih siang, hormon tidur tersebut akan dihasilkan pada larut malam. Inilah waktu yang tepat untuk mengurangi aktivitas dan bersiap-siap tidur. Pada jam ini, sistem imun dan hormon endorfin atau yang disebut dengan hormon penenang juga meningkat. Kalau sedang sakit, ini waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat.


Jadi, usahakan untuk selalu beraktivitas sesuai jam biologis tubuh yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

y Health Diary merupakan startup binaan GK-Plug and Play pada Batch 6. Ingin mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu startup binaan kami seperti My Health Diary? Daftarkan segera startup kamu di Batch 7 yang dapat diakses melalui link ini.

0 views

-

  • Innovation

-

  • Startup Accelerator

-

  • Venture Capital

gkpnp-events.com

GK-Plug and Play Indoensia

Join Our Newsletter!

new logo white.png
  • Facebook
  • LinkedIn Social Icon
  • YouTube
  • clip-art-image-logo-computer-icons-vecto